Rekreasi Kota Aceh Yang Lagi Hits

Rekreasi kota aceh yang lagi hits saat ini banyak di kunjungi traveler yang suka jalan-jalan keliling indonesia. Khusus kali akan kita bahas adalah kota aceh yang terkena tsunami pada tahun 2004 silam. Sebagian besar kota aceh mengalami dampak kerusakan yang parah dari tempat tinggal hingga tempat rekreasinya. Dari waktu ke waktu kini kota aceh mengalami kebangkitan kembali dan menata kembali wilayah yang rusak. Termasuk dengan sektor tempat wisatan atau tempat rekreasi juga di bangun kembali dengan seksama yang menjadi aser berharga waktu setempat.

Aceh memang memiliki potensi destinasi wisata untuk rekreasi dengan keluarga ataupun dengan kerabat. Tempat wisata alam yang cantik dan indah luar biasa, tidak mengherankan banyak wisatawan datang berrekreasi ke aceh sebagai salah satu tempat favorit untuk di kunjungi jika datang ke aceh. Selain tempat wisatan alam di aceh tentunya masih banyak tempat rekreasi lainnya di aceh yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke aceh.

  • Masjid Raya Baiturrahman
    Masjid raya baiturrahman yang telah berdiri sejak tahun 1612. Seperti foto diatas ini merupakan salah tau tempat rekreasi religi yang wajib untuk di kunjungi saat kamu liburan nanti. Masjid ini menjadi salah satu saksi dahsyatnya waktu bencana tsunami tahun 2004 silam dan menjadi tempat berlindung untuk warga aceh di kala waktu becana tsunami. Masjid raya baiturrahman juga merupakan sebuah ikon tempat rekreasi di aceh dengan bangunan yang megah dan bahkan kokoh dengan kubahnya yang di dominasi dengan warna hitam.

    Sultan Iskandar Muda yang membangun masjid raya baiturrahman ini di kelilingi dengan 7 menara dengan masing-masin kubah hitam di atasnya. Di masjid ini juga terdapat sebuah kolam dengan air mancur didepannya seperti Taj Mahal India di halaman depannya.

    Pada situs Yahoo, masjid raya baiturrahman ini di sebut sebagai aslah satu dari 10 masjid terindah di dunia. Dengan begini tentunya menjaid sebuah kebanggan tersendiri untuk masyarakat Aceh dan juga masyaratkan Indonesia pada umumnya. Jika kamu berkunjung ke masjid ini selain itu kamu bisa dapat mencari oleh-oleh atau cendramata dari aceh yang terletak di belakang masjid. Juga bisa mencicipi beberapa makana khas aceh yang di jual di pasar tersebut.

Rekreasi Kota Aceh Yang Lagi Hits

  • Museum Tsunami
    Bencana alam yang tidak bisa di lupakan yaitu peristiwa tsunami pada tahun 2004 silam yang menelan banyak korban jiwa. Juga tempat tinggal dan banyak bangunan yang menjadi porak poranda oleh becana tsunami. Didalam museum tsunami terdapat beberapa ruangan yang menggambarkan dahsyatnya tsunami kala waktu itu, ruangan tersebut berupa :

    Lorong tsunami di kenal juga dengan sebutan space of fear yang dimana mengambarkan bagaimana rasa ketakutan yang di alami oleh masyarakat aceh waktu itu. Pada lorong ini, kamu dapat mendengarkan lagi suara gemuruh air dan kuncuran sebagai gambaran waktu itu tsunami datang. Dengan kondisi lorong yang remang dan gelap malah membuat suasanan semakin mencekam.

    Ada sebuah ruangan kenangan ialah merupakan ruangan yang ada kenangan terjadi waktu tsunami tahun 2004 silam tepatnya tgl 26 desember 2004. Terdapat 26 layar monitor yang menggambarkan tsunami waktu itu. Masing-masing slide menggambarkan foto korban kena tsunami. Ada sebuah ruangan yang tinggi sampai 30 meter dan juga terdapat lebih dari 2000 nama para korban tsunami berbentuk slider merupakan sumur doa. Pada ruangan menyimpan makna filosofi dimana kamu di ajak untuk mendalakn pada korban bencana tsunami menurut agama dan keyakinan masing-masing.

    Lorong cerobong memiliki tampilan yang cukup unik dengan lantai yang belok-belok dan tidak rata. Filosifi pada ruangan ini adalah menggambarkan kondisi masyarakat waktu itu sedang dalam keadaan bingun dan panik mencari sanak keluarga yang hilang saat becana tsunami. Ruangan lorong yang didominasi gelap dan arah akan menuju cahaya alami yang mempunyai arti harapan kehiudpan yang akan datang.

    Ada sebuah ruangan memiliki 54 bendera dari negara yang suka rela turut serta membantu masyarakat aceh untuk bangkit kembali. Membantu berbebagai jenis bantuan yang sangat berarti untuk masyarakat aceh.
  • Rumah Cut Nyak Dien
    Berikut ini merupakan tempat bersejarah yaitu rumah cut nyak dien untuk di kenang kembali peristiwa bersejarah. Di masa lampu dulu, terutama seorang pahlawan wanita cut nyak dien yang berjuang melawan penjajajan belanda.

    Rekreasi ke rumah cut nyak dien bisa memupuk rasa nasionalis kita terhadap salah satu pahlawan bangsa indonesia yang kita cintai ini. Rumah ini merupakan replika dari rumah cut nyak dien yang telah terbakar waktu itu di tahun 1896.

Rekreasi Kota Aceh Yang Lagi Hits

  • Pusat Latihan Gajah Saree
    Dikabupatan aceh besar memiliki pusat latihan gajah yang sama seperti di Lampung. Gajah sudah ada sejak jaman dahulu, bahkan pada saat zaman kerajaan aceh yang di pimpin oleh sultan iskandar mudah ada sekitar 40ribu pasuakan gajah yang terlatih untuk keperluan militer saat itu.

    Utnuk sekarang pusat latihan gajah saree bertujuan untuk melatih gajah-gajah buat menghalau gajaj liar yang ada di sektar kawasan hutan. Untuk hiburan gajah juga di latih untuk bermain sepakbola. Jika kamu ingin keliling sekitar kawasan pusat pelatihan gajah saree juga bisa menaikan gajah untuk menambah pengalaman bermain rekreasi dengan menaiki gajah.
  • Rumah Tradisional Aceh
    Rumah tradisional suku aceh biasa di sebut dengan rumoh aceh. Rumah tradisonal aceh bertipe rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Pada 3 bagian utama rumah aceh ialah serambi depan, serambi tengah dan juga serambi belakang. Dan bagian lainnya ialah rumah dapur. Pada atap rumah
  • Tugu Nol Kilometer
    Berekreasi ke aceh jangan sampai lupa singgah di tugu no kilometer. Tempat ini merupakan bagian indonesia barat paling luar. Terdapat juga monumen dengan tulisan Kilometer 0 Indonesia untuk abadikan dengan berfoto. Jangan sampai lewatkan wisata ke aceh untuk singgah disini merupakan tanah indonesia paling barat atau titik nol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *